Saturday, December 31, 2016

Pantai Mawun, Tempat yang Wajib Dikunjungi di Lombok


Pantai Mawun, terletak di Lombok bagian selatan dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. WOW!! Itulah kesan pertama saat mata menangkap lansekap nyaris sempurnya ciptaan Tuhan. Panorama yang disajikan bener-bener breathtaking. Pantai Mawun terletak di sebuah ceruk diantara 2 bukit, yang membentuknya menjadi sebuah laguna. Ombak besar pantai selatan telah tercerai berai saat memasuki celah bukit sehingga ombak yang datang ke pantai bukan lagi ombak ganas, dan asik buat dijadikan media bermain. Pasir putih membentang dari bukit 1 ke bukit lainnya dengan bibir pantai yang lebar dan landai. Sedangkan air laut yang biru cerah menyelimuti pasir halus tersebut. Pohon belukar di sepanjang garis pantai menawarkan sedikit keteduhan dan menjadikannya tempat yang sempurna untuk bermalas-malasan menikmati keindahan pantai ini. Ah, seharian di sini pun pasti betah hehe..

Wednesday, November 30, 2016

Kuta Lombok Tour, Menelusuri Sisi Selatan Pulau Lombok




Tak hanya Bali, Lombok pun punya sebuah pantai yang dinamakan Kuta. Selain kesamaan nama, ada satu kesamaan identik lainnya antara Kuta Lombok dan Kuta Bali. Sama-sama berada di tepi Samudera Hindia, keduanya mempunyai ombak besar yang menantang nyali setiap peselancar. Namun terdapat perbedaan yang mencolok antara keduanya. Kuta Lombok belumlah semaju Kuta Bali, bahkan masih jauh dalam hal infrastruktur dan fasilitas penunjang wisata. Kalau di Kuta Bali, sepanjang jalan di tepi pantai mudah ditemui restoran dan cafe Tapi kalau ditanya mana yang lebih cantik?? Tentu Kuta Lombok jawabannya. Start dari Senggigi, perjalanan ke Kuta Lombok akan dimanjakan dengan tempat-tempat menarik lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Candi Batu Bolong, Desa Banyumulek, Pasar Kediri, Desa Sukarara, Kampung Sade, dan pantai-pantai sekitar Kuta.. Menarik bukan??

Wednesday, October 5, 2016

Senggigi, Pantai Romantis Pintu Gerbang Pariwisata Lombok

Sunset pantai Sengigi
Senggigi, traveler mana sih yang gak tahu?? Daerah yang berada di pulau Lombok ini terkenal dengan keindahan senjanya. Fasilitas penunjang sektor pariwisata pun tergolong lengkap di pantai ini. Penginapan kelas backpacker sampai yang mewah, cafe dan restoran, sentra oleh-oleh, bar, tour operator, dan lain-lain. 

Tour operator mudah ditemui di setiap sudut jalan di senggigi. Di sini, kita bisa mendapatkan gambaran yang jelas terkait tempat wisata yang berada di Pulau Lombok dan sekitarnya. Malah kalau mau merencanakan tour ke Kepulauan Komodo juga bisa..

Jadilah kalau kalian ke Lombok dan bingung mencari informasi yang komprehensif terkait pariwisata Lombok, datang aja ke Senggigi,, dijamin tercerahkan :D ..

Tuesday, October 4, 2016

Asiknya Berkeliling Gili Air



Diantara 3 gili yang terkenal itu, Gili Air adalah yang terdekat dari Pulau Lombok. Disusul Gili Meno, sedangkan yang paling jauh, paling luas, paling ramai, dan tentunya paling populer adalah Gili Trawangan. Berbeda dengan Gili Trawangan yang ramai dan dijuluki pulau party, Gili Meno adalah yang tersepi dan cocok untuk pasangan yang sedang berbulan madu, romantis. Nah, Gili Air ini diantara keduanya. Pantainya gak kalah indah, underwaternya juga cantik, dan suasananya gak rame-rame amat dan juga gak sepi-sepi amat, masih dapet lah feel romantisnya. Penginapan banyak tersedia mulai dari yang mahal sampai yang murah. Kalau dibandingkan dengan Gili Trawangan, harga penginapan di sini lebih terjangkau dengan kelas yang sama. Cafe dan restoran pun mudah dijumpai di sekeliling pulau. Sedangkan transportasi di pulau ini sama seperti di Gili Trawangan, hanya ada cidomo dan sepeda, termasuk sepeda listrik.

Thursday, September 15, 2016

Gili Trawangan, Versi Lebih Cantik Dari Kuta-Legian


Dari tahun ke tahun, Gili Trawangan di Nusa Tenggara Barat semakin ramai saja, semakin terkenal. Tidak hanya cantik, namun pulau kecil ini menawarkan hiburan malam tanpa batas, layaknya Kuta-Legian di Bali. Serupa tapi tak sama. Serupa,, karena kedua tempat ini menjadi surga bagi para wisatawan pecinta keseruan dunia malam.. Dentuman musik party terdengar di setiap sudutnya, pesta pantai setiap malam. Serupa,, karena di balik gemerlap dunia malam dengan segala tetek bengeknya, siang hari pemandangan yang indah siap menyapa. Namun,, hingar bingar dunia malam di gili trawangan tentu tidak sekomplit di Kuta-Legian, karena memang masih baru dikembangkan, dan berada bukan di pulau utama. Dan saat siang, tentu keindahan Gili Trawangan lebih memanjakan mata dibanding Kuta, pantainya masih perawan cuy, jauh lebih kece dari pantai Kuta Bali.. Dengan kata lain, Gili Trawangan adalah pulau party seseru Kuta-Legian dengan pemandangan yang lebih cantik..

Saturday, September 10, 2016

Menaklukan Ranto Canyon Yang Cantik Dan Tersembunyi



Siapa yang menyangka ternyata di Kabupaten Brebes terdapat sebuah tempat yang indah sekaligus sarana pemacu adrenalin, Ranto Canyon namanya. Ranto Canyon terletak di desa Winduasri, Kecamatan Salem. Dulu, tempat ini dianggap keramat oleh warga setempat dan jarang ada yang berani melewatinya. Namun, setelah dijelajahi oleh beberapa pemuda lokal, ternyata tempat yang tersembunyi ini memiliki keindahan yang menawan, secantik Green Canyon di Pangandaran.. Ranto Canyon adalah sebuah tempat di sepanjang aliran sungai kecil yang dipenuhi batuan dan dihiasi beberapa air terjun. Di setiap sisinya diapit tebing-tebing yang menjulang tinggi. Tebing-tebing yang tampak berwarna kehijauan tersebut tampak cantik. Terlebih di siang hari saat sinar mentari menerobos masuk ke sela-sela tebing dan menyinari butiran-butiran air yang jatuh dari puncak tebing, stunningly beautiful!! That's the best part.. Namun, ada harga yang harus dibayar lunas untuk menikmati keindahan tersebut. Tempat yang memukau ini hanya diperuntukkan untuk kalian para pecinta tantangan, ya minimal berani melawan ketakutan terhadap ketinggian. :D .

Wednesday, September 7, 2016

Lembah Harau, Landscape Langka Dan Unik Nan Memukau

Lembah Harau yang menawan

Sumatera Barat memang unik dan menakjubkan, ada aja tempat-tempat keren yang jarang bisa dijumpai di daerah lain. Salah satunya adalah Lembah Harau. Lembah Harau adalah sebuah daerah dengan hamparan padi dan lansekap cantik yang dikelilingi tembok raksasa berupa tebing yang menjulang tinggi di kawasan Bukit Barisan. Tebing-tebing tersebut merupakan tebing granit yang sangat cantik berwarna kemerahan yang membuat decak kagum dari siapapun yang melihatnya. Beberapa sudut tebing lainnya dihiasi dengan tumbuh-tumbuhan hijau. Banyak yang menyamakannya dengan Yosemite Valley di Amerika. Gue sendiri lebih senang menyandingkannya dengan tebing-tebing raksasa di film Maze Runner :D :D . Di Sumbar pun, Lembah Harau ini punya kembaran, yakni Ngarai Sianok di Bukittinggi. Keduanya hampir identik, tapi Lembah Harau lebih cantik.. Tebing-tebing di Lembah Harau tegak lurus dan ketinggiannya mencapai di atas 100 meter.. Di beberapa sudutnya, keindahannya semakin sempurna dihiasi dengan beberapa air terjun yang sangat cantik.. 

Saturday, September 3, 2016

Danau Di Ateh, Keindahannya Seperti Danau Tundra


Brrrrrrrr...
Udara dingin berhembus kencang menerpa tubuh yang hanya tertutupi kaos. Ah, andai menuruti nasehat ibu kos untuk bawa jaket, pasti bakal lebih khidmat nikmatin pemandangan yang tak biasa di danau ini. Di depan mata gue, terhampar danau kecil yang di kelilingi bukit yang hijau nan memikat mata. Di tempat gue berdiri, berjajar pohon cemara (kayanya cemara sih, bukan pinus, atau ada yang tahu pohon apa?) yang nampak indah. Nah pohon-pohon indah ini bikin pemandangan danau ini nampak seperti danau-danau yang berada di daerah mendekati kutub, yang sering muncul di film-film hollywood. Cuma kurang salju aja di background gunungnya hehe..

Saturday, August 13, 2016

Wisata Bukittinggi, Bukan Cuma Jam Gadang Lho

Puncak Lawang, spot favorit untuk menikmati keindahan alam di sekitar Danau Maninjau
Bukittinggi adalah tujuan utama wisata di Sumatera Barat. Tempat iconic yang "lu belum ke Sumbar kalau belum ke Bukittinggi". Kalau lu tahunya daya tarik Bukittinggi cuma Jam Gadang, lu salah besar bro.. Bukittinggi lebih dari sekedar jam gadang. Di Bukittinggi (dan sekitarnya) banyak tempat-tempat yang wajib lu datangi saat berkunjung ke sana. Mau tauu apa ajaa? Lanjuuut brooo.. :D

Thursday, July 21, 2016

Air Terjun Nyarai, Lebih Dari Sekedar Air Terjun


Seorang anak melompat dari tebing di Nyarai
Salah satu keindahan Sumatera Barat yang gue rekomendasikan adalah Air Terjun Nyarai. Air terjun ini terletak di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Pariaman. Letaknya tidak jauh dari Bandara Internasional Minangkabau, sekitar 30 menit untuk sampai ke posko kedatangan. Pemandangannya indah berpadu dengan lubuk yang jernih berwarna kehijauan yang berada di ceruk batuan. Ceruk tersebut membentuknya menjadi kolam renang alami, yang ujungnya ditahan oleh batang pohon yang tumbang. Di sekelilingnya tampak hutan lebat nan hijau, dimana di dalamnya masih terdapat banyak satwa liar. Trekking melelahkan sejauh 5,3 km selama 2 jam hilang sudah ketika mata dimanjakan oleh keindahan Nyarai.. Rancak bana!!!

Thursday, June 2, 2016

Memanjakan Mata Menjelajah Pulau Semau


Waktu masih tinggal di Kupang, NTT, ada satu pulau indah yang sebenernya deket banget sama Kupang tapi belum sempet gue kunjungi, pulau Semau namanya. Setelah 1 tahun meninggalkan bumi Flobamorata (sebutan lain NTT, kependekan dari Flores, Sumba, Timor, Alor dan Lembata), rasa penasaran itu tak jua hilang. Foto-foto di blog tinae ( Hunting Paradise 8 pantai dan 2 kolam di Pulau Semau ) dan mas beki ( Jelajah Semau: Perjalanan Tanpa Arah (1) ) selalu menggoda gue untuk segera berkemas meninggalkan hiruk pikuk ibukota dan sejenak memanjakan mata di pulau semau.

7 Hal Unik di Kota Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari, Jambi


Pertengahan April lalu gue berkesempatan berkunjung ke Muara Bulian. Muara Bulian ini ibukota Kabupaten Batang Hari yang merupakan bagian dari Provinsi Jambi. Selama 4 hari disana, gue menemukan beberapa hal unik guys. Apa aja sih? Cekidot..

Ketika Keindahan Hampir Menciptakan Tragedi di Pulau Bidadari

Pulau Bidadari, Taman Nasional Komodo. Pic pinjem dari intaninchan

After say hi to a bunch of giant lizards in Rinca and sunbathing in a very small island Kanawa, it’s time for us to visit the last destination of that one day trip to Komodo National Park. Yeap, next chapter is Angel Island aka Pulau Bidadari. It has the same name with an island inThousand Islands Jakarta, but it is located in Komodo National Park.

Pulau Kanawa: Kepingan Surga di Kepulauan Komodo

dermaga pulau kanawa. Pic pinjem dari wikitravel

Puas menjelajah pulau Rinca dengan komodo-komodo besarnya, gak membuat gue puas hari itu. Masih terlalu banyak spot favorit di Taman Nasional Komodo. Namun karena keterbatasan waktu, cukup 2 destinasi lagi yang bisa disinggahi kala itu.

Pulau Rinca: Rumah Para Komodo

Manchester United fan with a big male giant lizard

Kala itu di suatu pagi di bulan November 2012.


“Mas, nanti tugas sama Pak Zen ke Manggarai Barat 10 hari yah”

Wednesday, June 1, 2016

Get Lost di "Kepala Burung" Pulau Alor

La Petite Kepa

Mungkin banyak dari temen-temen yang belum tahu pulau Alor. Alor adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini juga merupakan sebuah kabupaten bernama Kabupaten Alor, seperti nama pulaunya. Bagi para pecinta diving, Alor merupakan salah satu spot favorit para diver mancanegara. Terdapat pulau-pulau lebih kecil disana, seperti pulau kepa, pulau pantar, dll. Nah di sekitar pulau-pulau itu lah banyak tersimpan keindahan bawah lautnya. Pulau Alor berbentuk seperti burung. Nah kali ini gue bakal nyeritain pengalaman mengelilingi “kepala burung” tersebut..

Sisi Lain Pulau Rote, Pulau Paling Selatan di Indonesia


Berbicara tentang pulau paling selatan di Indonesia ini, para traveler baik lokal maupun mancanegara pasti akan langsung terpikir pantai nemberala dan pantai boa yang menjadi spot favorit peselancar. Padahal Rote bukan hanya itu. Banyak hal yang bisa diceritakan dari pulau ini.  Kunjungan terakhir gue ke pulau ini awal tahun 2015, gue coba mengabadikan beberapa hal yang dijumpai selama perjalanan singkat disana. Actually, there are more to explore and to be told, but because my time was limited, so lemme just share a little about other side of Rote.

Pantai Nemberala dan Pantai Boa, Incaran Peselancar Dunia


Rote Ndao, sebuah pulau di Nusa Tenggara Timur. Pulau paling selatan di Indonesia ini karakteristiknya hampir sama dengan Pulau Timor, banyak tanah berbatu karang. Ngomong-ngomong tentang Rote, ada satu pantai yang terkenal akan ombaknya yang tinggi dan memikat para peselancar dunia, mereka bilang pantai Nemberala.

Senja Syahdu di Pantai Tablolong


Selepas menikmati sejuknya air terjun oenesu, gue dan teman-teman segera bergegas menuju tujuan utama kami hari itu, Pantai Tablolong. Di tengah perjalanan, Andri yang gue bonceng ditelpon Bastian. Ternyata motor Bas bannya bocor. Jiah dari tadi 3 motor lainnya enggak ada yang nyadar kalau Bastian ketinggalan. Akhirnya kami menepi dan menunggu Bastian dan Arsy kelarin nambal ban.

Kembali ke Jaman Megalitikum di Kampung Bena


Februari 2012…

Sudah sekitar 2 minggu gue, Pak Zen, dan Pak Tavip berada di Bajawa, ibukota Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Tapi selama itu pula rutinitas kami hanya hotel-kantor client-hotel, begitu seterusnya. Di akhir pekan yang kedua, Gue dan Pak Zen berencana untuk jalan-jalan sedikit keluar dari kota kecil nan indah ini. Berbekal informasi yang diperoleh dari Fian, petugas hotel Edelweiss, akhirnya gue dan Pak Zen memutuskan kampung Bena sebagai tujuan jalan-jalan kami kali ini. Kok Pak Tavip gak diajak? Udah diajak, tapi bapaknya emang gak seneng jalan-jalan, hehehehe..

Sejuknya Air Terjun Oenesu


Sebagai anak rantau yang jauh dari keluarga, akhir pekan biasa gue dan teman-teman gunakan untuk tapaleuk di sekitar Kota Kupang. Tapaleuk adalah bahasa Kupang yang artinya jalan-jalan. Itupun kalau teman-teman lagi ada di Kupang alias gak ada yang dinas ke luar kota.

Goa Kristal yang Menawan di Pulau Karang



Pagi itu, perjalanan gue gak berhenti sampai di Goa Monyet.. Gue, Andri, Augus, Bram, dr. Ayu, Putri, dan Elly lanjut menyusuri jalan di pinggir pantai sampai ke daerah Bolok. Perjalanan ini dihiasi dengan keindahan pemandangan di pinggiran Kota Kupang. Sebelah kiri perbukitan, sebelah kanan laut yang saat pagi hari sebelum jam 12 mempunyai gradasi warna yang ciamik. Terlihat warna biru untuk daerah berpasir dan warna yang lebih gelap untuk daerah yang banyak ditumbuhi terumbu karang. Di seberang laut tampak pulau Semau yang memiliki banyak kepingan surga yang masih perawan.

Pantai Kolbano, Pantai Dengan Batuan Warna-warni




Waktu itu, Januari 2012..

3 bulan setelah kedatangan gue di bumi flobamorata..


Seperti biasa, weekend adalah saat dimana gue dan teman-teman melakukan perjalanan mengunjungi tempat-tempat eksotis di tanah timor. Timor itu memang kering, tapi indah.. Melipir dikit dari kota Kupang,, kita udah bisa menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan.

Tuesday, May 31, 2016

1st Time to La Petite Kepa, Alor



Selama ini para senior di kantor selalu bercerita tentang indahnya pantai di Alor, terlebih pemandangan di dalam lautnya.. Begitu juga tulisan-tulisan yang gue baca seperti di Lonely Planet misalnya, ataupun video petualangan Nadine Chandrawinata. Setelah hanya menahan mupeng selama berbulan-bulan lamanya, akhirnya waktu yang gue nanti-nantikan datang juga. Bersama dengan Pak Zen sang mentor dalam kerjaan dan kehidupan, akhirnya berangkat lah gue ke Pulau Alor.

Bercengkrama dengan Monyet di Goa Monyet, Kupang

nongkrong lu coy?

Pulau Timor terkenal dengan sebutan pulau karang. Kita dapat dengan mudah menemukan batu-batu karang di sudut manapun di pulau ini. Di pinggir jalan, di halaman rumah, di perbukitan, ataupun di pantai. Bahkan goa-goa yang terdapat di pulau ini juga terbentuk dari batu karang. Salah satu goa dengan struktur batu karang yang paling dekat dengan kota Kupang adalah Goa Monyet. Sebenarnya ada dua goa monyet di Kupang, yang pertama di dalam kota dekat hotel Sasando, dan yang kedua di sekitar pelabuhan Tenau. Goa monyet yang gue ceritain disini adalah yang gue sebutin kedua.

Thursday, May 19, 2016

Pantai Lasiana, Ikon Wisata Kota Kupang

Kalau ada kesempatan mampir ke kota Kupang, singgahlah ke Lasiana. Pantai ini mungkin yang paling populer di Kupang. Hampir semua tahu tentang pantai ini. Lasiana merupakan pantai yang paling tepat untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Pantai ini biasanya ramai kala weekend, entah pagi ataupun sore.

Magis Puncak Kelimutu


kriiiiiing… kriiiiiing.. kriiiiing.. alarm handphone gue berbunyi..
Pukul 4 gue terbangun di sabtu pagi itu.. gue bbm Boni, “Bon, udah bangun lu? Pak Agus?”.. Beberapa saat kemudian Boni bales “udah Bar, ini lagi siap-siap”.. Gue pun bersiap untuk melakukan perjalanan pagi itu, ke danau Kelimutu yang terkenal seantero jagat. Sedangkan teman sekamar sekaligus ketua tim gue, bro Ivan, memutuskan untuk gak ikut karena udah pernah sebelumnya. Selepas solat subuh, mobil sewaan pun dateng ke hotel beserta sopirnya.

Sumba Timur, Afrika Tanpa Singa



Oktober 2011
3 hari semenjak kedatangan di NTT, gue ditugaskan ke Sumba Timur selama 18 hari. Tapi sayang banget waktu itu gue gak leluasa buat mengeksplor keindahan dan keunikan Sumba Timur. Gue pegawai baru dan belum terlalu kenal sama tim, dan masih sedikit informasi yang gue tau tentang Sumba Timur.

Nusa Tenggara Timur, Alasan Kenapa Gue Suka Traveling

Waktu gue kecil, setiap liburan sekolah pasti bokap ngajakin jalan-jalan. Destinasinya deket-deket aja, misalnya Baturraden, Pangandaran, sejauh-jauhnya Jogja.. Dan itu pun gak nginep, pagi berangkat, sore/malem pulang. Gak cuma keluarga inti gue yang ikut, tapi juga keluarga besar yang kebetulan rumahnya deket-deketan. Maklum di kampung, tanah warisan :D ..
Tapi walaupun sering jalan-jalan, saat itu belum tumbuh kecintaan gue terhadap traveling. Sampai kuliah pun, ketika ada ajakan dari temen-temen buat jalan-jalan ke Kepulauan Seribu, gue gak pernah tertarik buat gabung.
Tapi semua berubah ketika kantor pusat menempatkan gue kerja di kantor perwakilan di Kupang, seenggaknya sampai 4 tahun ke depan. Kecuali dalam waktu kurang dari 4 tahun gue dapet beasiswa melanjutkan kuliah. Foto-foto dan cerita-cerita temen sekantor tentang spot-spot menarik di NTT seolah menyihir gue untuk mencintai traveling. Terlebih, kerjaan gue nantinya akan sering ke kabupaten-kabupaten sampai dengan pelosoknya. Aaaaah, gue semakin excited.
NTT, sungguh menggoda
Di blog ini, gue akan bercerita tentang pengalaman gue menjelajah indahnya alam Indonesia. Di awal-awal, artikel gue akan banyak mengulas tentang NTT. Maklum gue tinggal di Kupang 2 tahun dari 2011 sampai 2013, dan selama kurun waktu tersebut, cukup banyak tempat keren yang gue singgahi, yang bakal bikin lu mupeng :D

So, stay tuned guys ;) 

Sunday, May 1, 2016

Perkenalkan, Gue Bara, Seorang Traveler Paruh Waktu


barrabaa
Halo, perkenalkan gue Bara, dan Baa adalah nama panggilan sayang sewaktu gue kecil, dan jadilah blog ini Barrabaa, :D :D ..
Sedikit tentang gue:

  • Orang Sunda yang merupakan masyarakat minoritas di Jawa Tengah, yang menghuni kawasan Brebes Selatan, berbatasan dengan Jawa Barat. Seringkali orang mengira gue orang Jawa karena berasal dari Jawa Tengah, padahal mah 100% Sunda tulen, :D ..
  • Perantau sejati!! SMA di Purwokerto, lanjut kuliah 3 tahun di Tangerang Selatan, lalu kerja magang 1 tahun di Jakarta, kemudian penempatan kerja di Kupang NTT 2 tahun, lanjut kuliah lagi 2 tahun di Tangerang Selatan, dan sejak Februari 2016 berdomisili di Padang, Sumatera Barat.
  • Mulai mencintai jalan-jalan sejak ditempatkan kerja di NTT.
  • Selain suka traveling, gue adalah Motorbike Enthusiast (dan otomotif secara umum) sejak SMA, animal lover especially big cat sejak kecil, dan UFC Junkie sejak 2012 :D ..

Blog ini gue ciptakan untuk menampung cerita-cerita perjalanan gue menjelajah alam maupun tempat-tempat keren lainnya di Indonesia. Mayoritas artikel adalah tentang Sumatera Barat karena sekarang tinggal di Padang... 

Sekali lagi, salam kenal... :)