Thursday, June 2, 2016

Memanjakan Mata Menjelajah Pulau Semau


Waktu masih tinggal di Kupang, NTT, ada satu pulau indah yang sebenernya deket banget sama Kupang tapi belum sempet gue kunjungi, pulau Semau namanya. Setelah 1 tahun meninggalkan bumi Flobamorata (sebutan lain NTT, kependekan dari Flores, Sumba, Timor, Alor dan Lembata), rasa penasaran itu tak jua hilang. Foto-foto di blog tinae ( Hunting Paradise 8 pantai dan 2 kolam di Pulau Semau ) dan mas beki ( Jelajah Semau: Perjalanan Tanpa Arah (1) ) selalu menggoda gue untuk segera berkemas meninggalkan hiruk pikuk ibukota dan sejenak memanjakan mata di pulau semau.

7 Hal Unik di Kota Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari, Jambi


Pertengahan April lalu gue berkesempatan berkunjung ke Muara Bulian. Muara Bulian ini ibukota Kabupaten Batang Hari yang merupakan bagian dari Provinsi Jambi. Selama 4 hari disana, gue menemukan beberapa hal unik guys. Apa aja sih? Cekidot..

Ketika Keindahan Hampir Menciptakan Tragedi di Pulau Bidadari

Pulau Bidadari, Taman Nasional Komodo. Pic pinjem dari intaninchan

After say hi to a bunch of giant lizards in Rinca and sunbathing in a very small island Kanawa, it’s time for us to visit the last destination of that one day trip to Komodo National Park. Yeap, next chapter is Angel Island aka Pulau Bidadari. It has the same name with an island inThousand Islands Jakarta, but it is located in Komodo National Park.

Pulau Kanawa: Kepingan Surga di Kepulauan Komodo

dermaga pulau kanawa. Pic pinjem dari wikitravel

Puas menjelajah pulau Rinca dengan komodo-komodo besarnya, gak membuat gue puas hari itu. Masih terlalu banyak spot favorit di Taman Nasional Komodo. Namun karena keterbatasan waktu, cukup 2 destinasi lagi yang bisa disinggahi kala itu.

Pulau Rinca: Rumah Para Komodo

komodo di pulau rinca flores NTT

Kala itu di suatu pagi di bulan November 2012.


“Mas, nanti tugas sama Pak Zen ke Manggarai Barat 10 hari yah”



Wednesday, June 1, 2016

Get Lost di "Kepala Burung" Pulau Alor

Pulau Kepa Alor NTT
La Petite Kepa

Alor adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini juga merupakan sebuah kabupaten bernama Kabupaten Alor, seperti nama pulaunya. Bagi para pecinta diving, Alor merupakan salah satu spot favorit para diver mancanegara. Terdapat pulau-pulau lebih kecil di sana, seperti pulau kepa, pulau pantar, dll. Pulau-pulau tersebut merupakan beberapa tempat wisata di Pulau Alor yang sering dikunjungi. Nah di sekitar pulau-pulau itu lah banyak tersimpan keindahan bawah lautnya. Pulau Alor berbentuk seperti burung. Nah kali ini gue bakal nyeritain pengalaman mengelilingi “kepala burung” tersebut..

Sisi Lain Pulau Rote, Pulau Paling Selatan di Indonesia

tempat wisata di rote NTT

Berbicara tentang pulau paling selatan di Indonesia ini, para traveler baik lokal maupun mancanegara pasti akan langsung terpikir pantai nemberala dan pantai boa yang menjadi spot favorit peselancar. Padahal Rote bukan hanya itu. Banyak tempat wisata di Pulau ROte ataupun hal lainnya yang bisa diceritakan dari pulau ini.  Kunjungan terakhir gue ke pulau ini awal tahun 2015, gue coba mengabadikan beberapa hal yang dijumpai selama perjalanan singkat disana. Actually, there are more to explore and to be told, but because my time was limited, so lemme just share a little about other side of Rote.

Pantai Nemberala dan Pantai Boa, Incaran Peselancar Dunia

tempat wisata pulau rote

Rote Ndao, sebuah pulau di Nusa Tenggara Timur. Pulau paling selatan di Indonesia ini karakteristiknya hampir sama dengan Pulau Timor, banyak tanah berbatu karang. Ngomong-ngomong tentang Rote, ada satu pantai yang terkenal akan ombaknya yang tinggi dan memikat para peselancar dunia, mereka bilang pantai Nemberala. Pantai ini merupakan tempat wisata di pulau Rote yang wajib dikunjungi.

Senja Syahdu di Pantai Tablolong

tempat wisata kupang timor NTT

Selepas menikmati sejuknya air terjun oenesu, gue dan teman-teman segera bergegas menuju tujuan utama kami hari itu, Pantai Tablolong. Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata di Kupang yang sering dikunjungi masyarakat. Di tengah perjalanan, Andri yang gue bonceng ditelpon Bastian. Ternyata motor Bas bannya bocor. Jiah dari tadi 3 motor lainnya enggak ada yang nyadar kalau Bastian ketinggalan. Akhirnya kami menepi dan menunggu Bastian dan Arsy kelarin nambal ban.

Kembali ke Jaman Megalitikum di Kampung Bena

tempat wisata NTT, tempat wisata Flores

Februari 2012…

Sudah sekitar 2 minggu gue, Pak Zen, dan Pak Tavip berada di Bajawa, ibukota Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Tapi selama itu pula rutinitas kami hanya hotel-kantor client-hotel, begitu seterusnya. Di akhir pekan yang kedua, Gue dan Pak Zen berencana untuk jalan-jalan sedikit keluar dari kota kecil nan indah ini. Berbekal informasi yang diperoleh dari Fian, petugas hotel Edelweiss, akhirnya gue dan Pak Zen memutuskan kampung Bena sebagai tujuan jalan-jalan kami kali ini. Kok Pak Tavip gak diajak? Udah diajak, tapi bapaknya emang gak seneng jalan-jalan, hehehehe..

Sejuknya Air Terjun Oenesu

tempat wisata di kupang timor ntt

Sebagai anak rantau yang jauh dari keluarga, akhir pekan biasa gue dan teman-teman gunakan untuk tapaleuk di sekitar Kota Kupang. Tapaleuk adalah bahasa Kupang yang artinya jalan-jalan. Itupun kalau teman-teman lagi ada di Kupang alias gak ada yang dinas ke luar kota.

Goa Kristal yang Menawan di Pulau Karang

goa kristal kupang NTT

Pagi itu, perjalanan gue gak berhenti sampai di Goa Monyet.. Gue, Andri, Augus, Bram, dr. Ayu, Putri, dan Elly lanjut menyusuri jalan di pinggir pantai sampai ke daerah Bolok. Perjalanan ini dihiasi dengan keindahan pemandangan di pinggiran Kota Kupang. Sebelah kiri perbukitan, sebelah kanan laut yang saat pagi hari sebelum jam 12 mempunyai gradasi warna yang ciamik. Terlihat warna biru untuk daerah berpasir dan warna yang lebih gelap untuk daerah yang banyak ditumbuhi terumbu karang. Di seberang laut tampak pulau Semau yang memiliki banyak kepingan surga yang masih perawan.

Pantai Kolbano, Pantai Dengan Batuan Warna-warni

pantai kolbano dengan batuan warna warni


Waktu itu, Januari 2012..

3 bulan setelah kedatangan gue di bumi flobamorata..


Seperti biasa, weekend adalah saat dimana gue dan teman-teman melakukan perjalanan mengunjungi tempat-tempat eksotis di tanah timor. Timor itu memang kering, tapi indah.. Melipir dikit dari kota Kupang,, kita udah bisa menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan.