Wednesday, June 1, 2016

Pantai Nemberala dan Pantai Boa, Incaran Peselancar Dunia

tempat wisata pulau rote

Rote Ndao, sebuah pulau di Nusa Tenggara Timur. Pulau paling selatan di Indonesia ini karakteristiknya hampir sama dengan Pulau Timor, banyak tanah berbatu karang. Ngomong-ngomong tentang Rote, ada satu pantai yang terkenal akan ombaknya yang tinggi dan memikat para peselancar dunia, mereka bilang pantai Nemberala. Pantai ini merupakan tempat wisata di pulau Rote yang wajib dikunjungi.


tempat wisata pulau rote
Hari Minggu, berangkatlah gue dan Mas Udin dari hotel di kota Ba'a menuju pantai Nemberala. Perjalanan memakan waktu sekitar 1,5 jam dari ibukota kabupaten Rote, Ba’a, sampailah di sebuah desa bernama Nemberala. Di desa ini banyak cottage kepunyaan bule. Katanya sih banyak bule yang kawin sama orang lokal di sana. Tapi sayangnya, sepanjang perjalanan di desa gue gak nemuin anak blasteran bule-rote hahaha..

Artikel sebelumnya: Senja Syahdu di Pantai Tablolong

Mobil berhenti, “ini mas pantai Nemberala”, kata sang sopir. “Hmmm, katanya buat selancar, tapi kok banyak kapal nelayan dan rumput laut ya?” gumam gue. Foto-foto bentar sambil menikmati biru laut yang menggoda buat nyebur, tapi gak bawa ganti..

tempat wisata pulau roteGak lama, kami berpindah mengunjungi satu pantai lagi, jaraknya gak begitu jauh dari Nemberala.. Gak berapa lama, sampailah di pantai Bo’a. “Nah disini tempat orang-orang bule selancar” kata pak sopir lagi. Ooooooh ternyata selama ini banyak yang salah kaprah, katanya Nemberala buat surfing, ternyata pantai tetangganya, pantai Bo’a yang dipake buat surfing.

“Sekarang bukan musim surfing mas, ombaknya kecil, beberapa bulan lalu sih abis ada event surfing internasional”, kata pak sopir lagi. Memang sih katanya disini sering diadakan event surfing internasional, dan para peselancar yang datang kemari mayoritas orang luar negeri.
tempat wisata pulau rote NTTGue sama mas Udin jalan-jalan di pantai, ambil foto, dan liat-liat ikan kecil di air yang surut. Wah, ada kumang juga, dulu jaman kecil sering beli ginian. Tapi kumang yang gue liat disini ukurannya masih kecil-kecil. 

Pasir di pantai ini lembut banget, dan nampak ada partikel-partikel warna pink mirip di pink beach komodo, tapi gak se-pink di pink beach sih.
Di seberang, tampak ada sebuah pulau kecil, namanya Pulau Ndana. Sebenernya Pulau Ndana inilah  pulau paling selatan di Indonesia, tapi pulau itu gak berpenghuni. Sehingga yang kita kenal, pulau paling selatan ya Pulau Rote.
Lagi duduk-duduk santai sambil liatin laut, tiba-tiba ada 3 orang bule nyamperin gue..
Bule : “excuse me, where are you from?
Gue : “i’m from Kupang
Bule : “what are you doing in here?
Gue : “Just enjoy scenery, why?”
Bule : “Nothing, hmmm,, i lose my sandal, i put it in here, you see it?
Gue : “oh i’m sorry, i dont know, maybe there is local who took yours because there was no people around
Bule : “Oke, thank you

Artikel lainnya tentang Pulau Rote : Sisi Lain Pulau Rote

Wah tu bule ngira gue nyolong sandalnya kali ya? ahaha… Tapi ya patut disayangkan sih, kalo ada yang nyolong, sayang banget deh, merusak citra orang kita aja. Beberapa saat kemudian, gue balik ke hotel. Demikian perjalanan gue di salah satu tempat wisata di NTT yang mungkin jarang diketahui orang.

tempat wisata pulau rote NTTtempat wisata pulau rote NTT


No comments:

Post a Comment