Saturday, September 3, 2016

Danau Di Ateh, Keindahannya Seperti Danau Tundra



Brrrrrrrr...
Udara dingin berhembus kencang menerpa tubuh yang hanya tertutupi kaos. Ah, andai menuruti nasehat ibu kos untuk bawa jaket, pasti bakal lebih khidmat nikmatin pemandangan yang tak biasa di danau ini. Di depan mata gue, terhampar danau kecil yang di kelilingi bukit yang hijau nan memikat mata. Di tempat gue berdiri, berjajar pohon cemara (kayanya cemara sih, bukan pinus, atau ada yang tahu pohon apa?) yang nampak indah. Nah pohon-pohon indah ini bikin pemandangan danau ini nampak seperti danau-danau yang berada di daerah mendekati kutub, yang sering muncul di film-film hollywood. Cuma kurang salju aja di background gunungnya hehe..




Seperti biasa, sebagai traveler paruh waktu, hari Sabtu dan Minggu adalah yang gue nanti-nantikan setelah 5 hari full mengabdi ke negara. Weekend adalah waktu berharga bagi gue untuk traveling menjelajahi keindahan alam Sumatera Barat.. Misi explore Sumbar gue kali ini adalah mengunjungi Danau Diateh (bahasa Minang yang artinya di atas). Danau ini berada di dataran tinggi di wilayah Alahan Panjang, Kabupaten Solok. Selain danau ini, terdapat 2 danau lagi yang lokasinya nggak terlalu jauh. Satunya dinamakan Danau di Bawah karena lokasinya yang berada di dataran yang lebih rendah dari Danau di Atas. Kedua danau ini juga terkenal dengan nama Danau Kembar, entah karena mirip, atau karena dekat, atau kesamaan ukuran, i don't know hehe.. Satunya lagi danau yang ukurannya kecil dinamakan Danau Talang karena lokasinya di gunung talang.



Pagi itu, gue berangkat berdua sama Ayu. Kali ini kembali si Boggil, hatchback tangguh, yang mengantar perjalanan kami berdua. Pejalanan cukup menantang karena harus melewati Taman Nasional Kerinci Seblat dimana jalan ini memberikan tantangan tanjakan-tanjakan super terjal. Di beberapa titik tanjakan yang tergolong ekstrim, kendaraan dari arah berlawanan harus mengalah apabila ada kendaraan besar semacam truk dan bus yang melintas. Tak jarang kecelakaan terjadi di jalan ekstrim ini. Beberapa kali gue melewati jalur ini, gue sering mendapati kemacetan karena ada insiden truk masuk jurang. Ekstrimnya jalur ini semakin menakutkan ditambah dengan munculnya kabut saat sore hari. So, buat teman-teman yang akan melewati jalur ini harap hati-hati ya guys, jangan terkecoh aspal mulusnya.. Kalau capek, mampir dulu di Sitinjau Laui, viewnya keren di sini, view Kota Padang.



Sekitar 26 km dari Unand, sampailah di pertigaan Lubuk Selasih.. Kalau lurus ke Kota Solok, kanan ke Arah Solok Selatan. Nah, untuk menuju Alahan Panjang, gue berbelok ke kanan searah menuju Solok Selatan. Jalan di sini lebih kecil dibanding jalan Padang-Solok dan masih sering dijumpai jalan berlubang di sana sini. Tapi positifnya, di jalan ini kita gak lagi menjumpai tanjakan-tanjakan ekstrim dan pemandangan pun lebih menarik karena banyak hamparan kebun teh.


Setelah 20an km dari pertigaan Lubuk Selasih, nampaklah pemandangan yang sangat mengagumkan.. Waaaa,, terlihat Danau di Atas, danau kecil yang indah dikelilingi perbukitan yang menawan.. Semakin dekat, semakin menyusuri pinggiran danau, nampak semakin indah pula danau ini dilihatnya. Tampak pula jajaran pohon cemara yang menggenapkan keindahan danau ini. Setelah total menempuh jarak 50an km dari Unand,, akhirnya sampai di pinggir danau dimana pohon-pohon ini berada. 

Gue belokkan setir ke kanan dan disambut pos satpam.. Gue diharuskan membayar 5.000/orang, tapi gak ada bukti pembayaran.. Area ini sejatinya adalah vila-vila. Gue sendiri gak tahu pengelolanya swasta atau pemerintah daerah setempat. Pohon cemara dijumpai dimana-mana di area ini.. Danau dengan pohon lancip-lancip gini ditambah background perbukitan dan gunung, waaah macam diluar negeri aja bro pemandangannya.. ya gak?


Noh,, serupa kan vegetasinya... Yang kiri danau di atas, yang kanan danau Tahoe di California (sumber pic kanan).. Danau dengan pohon-pohon lancip (pinus atau cemara ya?) da background gunung..

Keluar dari mobil, lalu berjalan ke pinggiran danau,, brrrrrrrrrr angin yang berhembus dingin bangettt ternyata guys.. Ayu sih bawa jaket,, tapi gue kagak. -_____-.. Jadilah gue menikmati keindahan danau ini sambil mengeluarkan energi melawan udara dingin..

Asli, gue terkesima banget sama pemandangan danau ini.. Keren banget,, berasa bukan Indonesia nih.. Ya harus gue ulang-ulangi lagi nih buat ngeyakinin kalian kalau danau ini tu emang keren banget.. Mirip danau tundra di daerah-daerah dingin.. 

Tiba-tiba datang seorang abang penjual buah strawberry.. Selaku traveler yang baik, kita harus bantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar lokasi wisata. Itu emang salah satu tujuan utama sektor pariwisata dikembangkan di negeri ini. Maka gue pun beli beberapa bungkus. Harganya lupa berapaan guys :D . Strawberrynya seger,, manis-manis kecut,, katanya sih baru diambil dari kebun pagi harinya. Lumayanlah buat sedikit melawan udara dingin yang menusuk tulang.


Disini fasilitas dasar tersedia kok.. Warung-warung penjual makanan bisa dijumpai di pinggiran danau.. Jadi jangan khawatir kalau laper.. Kalau mau menginap, banyak vila juga.. Parkir kendaraan mudah dan gak ditarik biaya lagi selain yang di awal tadi gue sampaikan.

Puas berfoto dan menikmati pemandangan sekitar vila. Gue mencoba melipir sedikit ke arah yang lebih sepi wisatawan... Cari-cari spot foto, wah nemu juga nih keren dan sepi. Cekrek cekrek, kereeeeen..


Sejauh ini gue udah pernah mendatangi beberapa danau.. Seperti danau Maninjau, Singkarak, dan beberapa danau kecil di Jawa. Sejauh ini , Danau di Ateh ini yang terkeren.. Gue udah pernah juga sih ke Danau Kelimutu.. Tapi menurut gue gak bisa dibandingkan karena keduanya merupakan 2 jenis danau yang berbeda. Danau Kelimutu merupakan danau vulkanik yang merupakan kawah gunung kelimutu. Sedangkan Danau di Ateh kemungkinan besar seperti danau Maninjau, yaitu merupakan danau tektonik, terbentuk karena adanya cekungan di permukaan tanah yang misalnya disebabkan oleh gempa.

Sebetulnya waktu itu masih pengen lanjut ke Danau di Bawah, tapi karena ada urusan lain di Padang jadi gue batalkan ke danau kembarannya. Tenang, lain kali gue akan kesana juga kok dan akan gue ceritakan di blog ini.. 

Akhirnya gue dan Ayu pulang,, tapi sebelumnya, gue sempatkan dulu membeli beberapa buah markisa. Buah ini salah satu andalan perkebunan di Solok. Sepanjang jalan dapat kita jumpai orang-orang berjualan buah ini dengan digantungkan bertingkat.. Jangan lupa beli buah ini ya guys kalau main ke Solok.. Enak banget buahnya, manis...

Nah gimana? Keren kan danaunya.. Gue jamin kalau liat langsung itu lebih WOW!! Makanya, ayo segera siapkan backpack kalian, kemasi barang-barang, berangkaaat..

P.S. Jangan buang sampah sembarangan saat traveling, jadilah traveler yang baik. :)

Awas lu!! buang sampah sembarangan di sini, gue gibeg lu!! Gue yang punya kawasan ini..


Satu lagi,, foto-foto di artikel ini semua tanpa editan..

Steve Roger yang berkoordinasi dengan kucing pemilik kawasan untuk meng'gibeg' orang2 yang buang sampah sembarangan

31 comments:

  1. Minang rasa california ya... hahaha...

    Salam www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. belom bisa ke US, cari yg rasanya mirip2 dulu :D

      Delete
  2. anjaii. udara dingin gini sambil mlipir ke dananu ini asik kayanya. teduh menyamankan jiwa. hehe

    salam kenal yo mas. silahkan bs mampir dan silaturahmi ke saya punya blog.
    insanwisata.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..

      salam kenal juga mas.. segera meluncur ke TKP..

      Delete
  3. kelihatannya panas terik, tapi udaranya dingin ya?
    berarti kesana harus bawa jaket nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. panas terik cuma ilusi aja, aslinya dingiiiiin :D , terutama hembusan anginnya

      Delete
  4. California ala ala jadinya ya hahahaha
    Cantik danaunya

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. iya nih,, datanglah kesini hehe

      Delete
    2. Udah sering kesana bg. Memang gk bosan meski kondisi tmpatny gto tp juara deh suasannnya hehe

      Delete
  6. Jadi kamu ama ayu itu status nya gimana ??? #kepo

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha,, tunggu di episode berikutnya wkwkwk..

      anyway, masih di Sumbar kah mas?? Kalau ada waktu kopdar dong mas,, pengen nyerap ilmunya nih hahaha

      Delete
  7. Bra, kamu waktu kesini gak nginep ke sini ya? Kalau nginep coba ngambil fotonya pagi-pagi. Pengalaman aku pagi biasanya airnya tenang banget jadi hasil foto maksimal. Tapi emang tempatnya keren, Sumatera Barat emang kalo urusan danau, hutan sama air terjun banyak tempat yang juara ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas gak nginep.. seringnya one day trip disini,, kecuali kalau ke pulau2..

      ini kalau yg foto mas Beki pasti hasilnya keren bgt... aku mah cuma jepret doang -_____-

      Bener, kalau danau, air terjun, bukit, gunung, hutan itu keren2 mas di sini,, kalau pantai harus mengakui kalah indah dari daerah Indonesia tengah ke timur..

      Delete
  8. keren tempatnya, jadi reverensi buat jalan jalan ni , suasananya adem banget apalagi modelnya hehe kapan ya bisa maen ke sana huaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan adem lagi ini,, menggigil gak bawa jaket,,,

      ayo kesini gan..

      Delete
  9. Keren banget, kalah California ini mah, Indonesia lebih keren, yang jelas ga ada pemandangan seindah itu di Jakarta hiks hiks, sedihnya tingga di ibukota, ga bisa cuci mata dengan alam.

    http://ursulametarosarini.blogspot.co.id/


    http://ursulametarosarini.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi,, tapi di Jakarta enak, kemana2 mudah.. kalau dari sini harus transit2 :D

      Sini main ke Sumbar..

      Delete
  10. aduh ahsil fotonya indah sekali , apa aslinya juga gini??? duh indahnya negeri kita ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aslinya juga begitu kok,, itu tanpa editan.. Cuma diambil oleh 2 kamera berbeda dan waktu yg berbeda pula hehe

      Delete
  11. alamnya bagus banget
    jadi pengen jalan2 kalo udah lihat postingan macam gini >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha,, ayo segera kemas barang dan jalan2..

      Delete
  12. hahahaha tetep ya bingung itu cemara atau pinus. Tapi kalo liat daunnya sih kayaknya pinus deh. soalnya helainya panjang panjang gitu.



    (((dibahas)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, soalnya beda pohonnya sama pinus2 yg biasa diliat juga,, atau pinus jenis lain ya? :D

      Delete
  13. Aku suka fotonya mba...
    Keren landscape'nya dapet banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang keren tempatnya,, pake kamera apapun hasilnya bagus..

      Delete